Gadget & teknologi

Presiden Nintendo Menolak Penggunaan AI Generatif dalam Game Mendatang — Masalah Asal Usul dan Hak Cipta Dikutip

Membuat perbedaan dari nama-nama besar lain di industri game, Nintendo berdiri teguh pada pengembangan game tanpa menggunakan jalan pintas AI generatif, menurut Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa [sumber: GameWorldObserver]. Ini sangat kontras dengan lebih dari 1.000 game AI generatif yang sudah tersedia di Steam, dan komentar dari nama-nama besar lainnya di industri game.

“AI generatif, yang telah menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir, bisa lebih kreatif, tetapi kami juga menyadari bahwa hal ini memiliki masalah dengan hak kekayaan intelektual. Perusahaan kami memiliki pengalaman puluhan tahun dalam menciptakan pengalaman bermain game yang optimal bagi konsumen kami,” kata Furukawa. “Meskipun kami fleksibel dalam merespons perkembangan teknologi, kami berharap dapat terus memberikan nilai yang unik bagi kami dan tidak dapat dibuat hanya melalui teknologi.”

Seperti yang dicatat oleh GameWorldObserver (GWO) dalam liputannya tentang pernyataan ini, pandangan ini cukup berbeda dari pandangan eksekutif di studio AAA besar seperti Electronic Arts, Ubisoft, dan Take-Two Interactive.

Kami sebelumnya telah meliput proyek Neo NPC Ubisoft, yang merupakan hasil kemitraan antara Ubisoft, Nvidia, dan Inworld AI, serta paten EA yang mengkhawatirkan. Jelas, Ubisoft secara aktif merangkul AI generatif, meskipun pernyataan CEO Take-Two Strauss Zelnick yang dikutip oleh GWO cenderung lebih seimbang, menyatakan “Karya hits dibuat oleh Jenius, dan set data ditambah komputasi, ditambah model bahasa besar tidak sama dengan Jenius. Jenius ada di ranah manusia, dan saya percaya itu akan tetap seperti itu.”